Resensi Buku "Menulis Artikel & Karya Ilmiah"

Resensi Buku “Menulis Artikel & Karya Ilmiah”



Judul               : Menulis Artikel & Karya Ilmiah
Pengarang       : Drs. Totok Djuroto, M.Si. dan Drs. Bambang Suprijadi, M.Si.
Penerbit           : PT. Remaja Rodakarya
Tahun terbit     : 2017
Tempat terbit   : Bandung
Tebal buku      : 184 halaman
ISBN               : 979-692-152-9
            Buku ini mengupas mengenai bagaimana tata cara menulis artikel dan karya ilmiah di media massa. Dengan segala uraian dan penjelasan, bagaimana agar tulisan menjadi baik dan layak untuk dimuat. Demikian juga penulisan pada karya ilmiah, berupa hasil penelitian pada penerbitan jurnal karya tulis ilmiah.
            Keterampilan tulis-menulis, dari sisi kemanfaatannya, kini telah bergeser menjadi suatu kebutuhan terutama bagi kaum intelektual. Melalui tulisannya itu, mereka dapat menuangkan gagasan-gagasan yang ingin disampaikan. Belakangan media yang biasa menampung berbagai tulisan itu jumlahnya meningkat drastis. Ini berarti memperluas kesempatan bagi siapa pun untuk menuangkan gagasannya melalui tulisan.
            Buku ini memberikan tip-tip praktis bagaimana menghasilkan tulisan yang baik dan layak untuk dimuat. Ditulis oleh orang yang berkecimpung dalam dunia tulis-menulis. Drs. Totol Djuroto, M.Si. adalah wartawan senior dan juga kolomnis di beberapa surat kabar, sedangkan Drs. Bambang Suprijadi, M.Si. adalah seorang akademisi. Perpaduan antara praktisi dan teoritisi ini membuat buku ini menjadi istimewa. Karenanya buku ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa dan siapa pun yang ingin menjadi penulis profesional.
            Kelebihan dari buku ini yaitu memiliki sampul yang cukup menarik. Selain itu, isi dari buku ini juga banyak berupa penjelasan-penjelasan dan tip yang dibahas dengan sangat detail.
            Kekurangan dari buku ini adalah penjelasan-penjelasan pada isinya kadang sulit untuk dipahami dan juga tidak adanya gambar pada cukup menarik. Selain itu, isi dari buku ini juga banyak berupa penjelasan-penjelasan dan tip yang dibahas dengan sangat detail. Bahkan diberikan contoh-contoh artikel dan karya tulis ilmiah untuk memudahkan dalam penjelasan.
            Demikian ulasan yang dapat saya sampaikan dalam artikel ini, semoga nantinya dapat bermanfaat bagi para pembaca di kemudian hari.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pandemi Global Covid-19 dalam Perspektif Ekonomi-Politik

Pentingnya Emotion Control dalam Segala Aktivitas