Bahaya Beli Bakso Pakai Plastik

Indonesia Berdaya dalam Menghadapi Dampak Plastik bagi Kesehatan

Pernahkah kamu membeli makanan atau minuman panas yang dibungkus menggunakan plastik? Seperti bakso, mie ayam, soto, bakmi, atau wedang ronde? Tahukah kalian apabila ada dampak negatif yang sangat berbahaya? Mungkin hal ini terlihat praktis dan murah, bahkan aman-aman saja. Namun, pernahkah kalian berpikir bahwa plastik yang meleleh dapat mengganggu kesehatan?

Plastik terbuat dari gabungan monomer yang disebut polimer. Apabila polimer beraksi dengan kalor (panas), maka monomer-monomernya akan lepas. Jika hal ini terjadi semisal pada plastik yang digunakan untuk membungkus kuah panas bakso, lalu sebagian monomer lepas dan bercampur dengan kuah panas itu, dan dimakan konsumen, monomer yang masuk ke dalam tubuh ini dapat memicu berbagai macam kanker. Efeknya memang tidak langsung terasa, melainkan beberapa tahun yang akan datang. Akan tetapi, hal ini seperti mempercepat kematian karena kalian pasti tahu seberapa kecil peluang kesembuhan dari pengidap kanker.

Peran mahasiswa dalam mengatasi masalah ini adalah dengan memberikan himbauan untuk mengurangi penggunaan plastik atau paling tidak mengurangi dampak dari plastik tersebut. Bisa berupa sosialisasi, slogan, poster, dan pemanfaatan media sosial. Adapun dalam himbauan tersebut harus berisi tentang ajakan dan dampak dari plastik itu sendiri. Untuk memulai hal tersebut dapat dilakukan mulai dari diri sendiri. Misalnya saat ingin membeli bakso bisa langsung dimakan di tempat, atau jika ingin dibawa pulang bisa membawa wadah sendiri yang dirasa lebih aman daripada menggunakan plastik.

Relevansi kondisi dan permasalahan di atas dalam mewujudkan "Indonesia Berdaya" adalah kesehatan menjadi modal awal dalam memajukan bangsa. Kesehatan harus dijaga dengan gaya hidup sehat. Tanpa adanya kesehatan akan menjadi mustahil untuk memajukan bangsa ini. Jadi, untuk memajukan bangsa Indonesia, harus dimulai dengan suatu perubahan agar dapat mencapai gaya hidup sehat. Perubahan ini harus dimulai dari diri sendiri. Selamatkanlah masa depan diri sendiri untuk menyelamatkan masa depan bangsa.

By @wcks_f
Semoga bermanfaat. Perhatikan kesehatanmu demi masa depanmu. πŸ˜‰πŸ‘Œ

Komentar

  1. Balasan
    1. Terima kasih atas pujiannya. Apabila ada kritik dan saran mohon disampaikan. Terima kasih

      Hapus
  2. "Tua itu Pasti, namun Dewasa itu Pilihan" ~wcks_f
    Sukses Selalu agen of changeπŸ˜‚πŸ˜ŠπŸ˜Š

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku "Menulis Artikel & Karya Ilmiah"

Pandemi Global Covid-19 dalam Perspektif Ekonomi-Politik

Pentingnya Emotion Control dalam Segala Aktivitas